7/19/2011

Kategori Sulap

A. CloseUp Magic (Sulap Jarak Dekat)
Ini bukan hanya sulap yang tertua, tetapi juga yang terpopuler. Dan akhir – akhir ini closeup magic telah membuktikan satu – satunya bentuk sulap yang paling menguntukungkan.
Closeup magic dimainkan di depan sekelompok kecil yang mungkin saja berdiri saja atau duduk disamping anda. Karena benar – benar membutuhkan kahlian tangan dan bakat memperdaya. Anda lebih memerlukan alat – alat sehari hari seperti kartu, koin, peniti, tali, korek api, rokok, dan sebagainya.
B. Club or Cabaret Magic (Sulap pada cara Tertentu)
Ini adalah bentuk sulap yang dimainkan di depan penonton yang lebih banyak lagi, seperti di auditorium sekolah, klab malam, jamuan makan, piknik, dan lain sebagainya. Disini, anda membutuhkan peralatan yang lebih besar dan itu berarti anda juga akan memainkan sulap yang lebih besarpula baik lingkup maupun efeknya. Pertunjukan sulap anda harus melibatkan tata panggung, lampu, suara, dan penampilan.
C. Grand Illusion (Sulap Berefek Besar Dengan Menggunakan Peralatan Berat)
Dengan berkembanganya zaman teknologi sekarang ini dapat membawa pertunjukan sulap ke atas panggung dunia. Automatons (orang atau hewan yang bergerak secara otomatis) dan bentuk – bentuk mekanik, membutuhkan kotak ilusi yang lebih besar lagi. Selain itu juga membutuhkan transportasi, para pembantu, kru panggung, tukang kayu dan berbagai kostum yang menarik. Sulap dimainkan spektakuler, seperti memotong dan menyambung wanita, levitation (membuat benda – benda melayang di udara), metamorfosa, zig – zag, mis made lady, dan lainnya yang dapat kita lihat di TV atau di atas panggung.
Dan berikut adalah subkategori dari tiga kategori besar di atas :
  1. Mentalism : adalah kategori sulap yang menggunakan kekuatan pikirannya untuk membaca pikiran, menghilangkan benda, terbang, dll. Dalam kategori mentalism pun masih terbagi – bagi dalam beberapa kelompok, seperti clairvoyant, mathemagic, telekinesis, dan sebagainya.
  2. Faqir : adalah kategori sulap yang menggunakan kekuatan fisiknya untuk dapat melakukan hal – hal yang menantang bahaya atau ekstrim, seperti membengkokkan linggis, paku, dilindas benda – benda berat, menari mobil dengan rambut, dan lainnya.
  3. Classic : adalah aliran sulap yang menggunakan kecepatan tangannya dan keahlian memanipulasi suatu benda. Misal, menghilangkan dan memunculkan kartu, koin, memunculkan burung merpati dari kain, merubah warna kain, dan masih banyak lagi.
  4. Hipnotis : adalah kategori sulap yang menghubungkan permainannya dengan alam bawah sadar yang dimiliki oleh manusia yang dapat dilakukan dengan menggunakan sugesti dari perkataan maupun suatu hal.
  5. Tradisional : adalah kategori sulap yang berkaitan tentang pertunjukan – pertunjukan sulap yang menggunakan meja besar untuk pertunjukannya dan biasanya pesulapnya menggunakan topi besar di kepalanya. Contoh permainnya adalah mengeluarkan kelinci dan barang – barang lainnya dari topi, merubah kertas jadi burung, dll.
  6. Avatar : adalah kategori sulap yang menggunakan elemen – elemen yang ada di bumi ini sebagai perantaranya. Yaitu air, api, tanah, dan udara.
  7. Pick Pocket : adalah kategori sulap yang menggunakan kecepatan tangannya untuk mengambil dan mengembalikan benda tanpa sepengetahuan orang lain. Tapi bukan untuk mencopet atau mencuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev