7/19/2011

Cara Mengatasi Heckler

Di Dunia magic, cara menghadapi hackler saat show sangat kita perlukan!! Hackler banyak sekali terjadi, dimulai dari membuka rahasia sulap yang anda mainkan, melontarkan ejekan kepada anda, hingga mengalihkan perhatian penonton dari atas panggung. Bagaimanakah cara menghadapi Heckler ? berikut ini akan kita kutip bagaimana carannya!

1. Kuasai penonton

Mengapa kita perlu menguasai penonton? hal ini di gunakan agar perhatian penontonterpusat kepada pertunjukan Show kita, dan tidak memperdulikan si Hackler. Saat show, gunakanlah kata-kata yang lancar dan menarik, performance yang matang dan tenang, flourish (metode untuk memainkan kartu dengan indah seperti fanning, shuffling, dan lain-lain), dan penampilan yang simpatik.


2. Bersahabat/bertemanlah dengan si Heckler

Metode ini mungkin memang sedikit aneh, tapi sudah terbukti banyak yang berhasil mnggunakannya! Jika si Heckler sudah mulai beraksi dan akan membongkar trik anda, maka tatap matanya dengan pandangan yang ramah dan tersenyumlah padanya, lalu katakan, “Maaf Mas(apa kek, asal kalimatnya lembut), saya tahu anda memang luar biasa hebat dan telah mengetahui rahasia permainan ini(seterah anda menyusun kalimatnya). Tapi untuk sementara mari kita sama-sama menjaga rahasia ini untuk memberikan sedikit hiburan pada penonton lain. Biarkan rahasia di balik sulap ini diketahui hanya oleh kita berdua dan sebagai magician.” Dengan mengatakan hal ini, si Heckler akan merasa segan serta dihargai dan dianggap penting, sehingga ia mengurungkan niatnya untuk menggangagu, mungkin malah sebaliknya ia akan berbalik memberikan support dan mendukung permainan anda. bahkan mungkin ia akan memberikan kritikan dan saran yang bersifat menbangun terhadap anda


3. Percaya Diri
Hal ini yang paling penting saat melakukan pertujukan, anda harus memiliki percaya diri yang tinggi untuk bisa mengatasi Heckler, dan sebetulnya ini bukan hal yang sulit. Ingat, di atas panggung, hanya anda yang mengetahui prosedur dan efek dari trik sulap yang dibawakan. Penonton, bahkan sebenarnya si Heckler, tidak tahu apa-apa. Jangan terlalu khawatir penonton akan menebak trik anda, dan jangan terlalu takut untuk membuat kesalahan. Ingat prinsip utama seorang mentalis di atas panggung : “I am right and will always be right. I make my own rules, and all you have to do is following my rules.”(Deddy Corbuzer).

4. Fleksibel
Memang kebanyakkan trick yang kita mainkan hampir semua magician tau begitu juga si Hackler hanya versi-versinya saja yang berbeda! Jika sekiranya si Heckler menunjukkan tanda-tanda bahwa dia bisa menebak trik anda, segera alihkan ke trik yang lain. hal ini sangat befek besar bagi magician, apa lagi pembawaan kita yang sangat baik.

5. Gunakan trik “Heckler Killer"

Berikut adalah trik-trik yang bisa membuat Heckler tidak berkutik, bahkan merasa malu :

Berpura-pura salah

Hal ini berefek sangat besar untuk permainan anda!, disaat si Heckler mulai tertawa puas dengan kesalahan anda maka anda tunjukan aksi anda sebenarnya, sehingga si heckler merasa malu dengan perbuatannya.

b. Sleight of Hand (kecepatan tangan)

trick kecepatan tangan biasanya sulit untuk di lihat/iterupsioleh Heckler karena temponya yang singkat, sulit tertangkap mata, dan tidak akan mudah dilakukan/ditiru oleh sang Heckler. Contohnya adalah False Cut, Glide, Palming, Color Change, dan lain.

c. Forcing

memaksa penonton mengambil kartu yang telah anda persiapkan sebelumnya. Sebagian besar teknik forcing sangat sulit untuk ditebak dan hanya diketahui oleh sang magician. tapi anda harus berhati2 pada tangan tangan si heckler, contoh : anda sudah mempersiapkan kartu paling atas untuk ia ambil tapi ia mengambil doubel leaf atau mengambil kartu dibawahnya, itu akan menghancurkan jalannya pertunjukan anda! maka perhatikan baik2 tangan si heckler.

d. Menandai kartu

Trick ini memang sangat dasar, namun dengan pembawaan yang baik akan menimbulkan efek yang sangat besar dan tidak didiketahui oleh si hackler.


6. Hindari Heckler

Hal ini yang paling ampuh dan cara terakhir untuk menghindari heckler, berusahalah anda agar ia tidak turut serta dalam permainan anda! Percepatlah permainan anda. Jika dalam routine anda seharusnya ada 5 trik, jadikanlah 3 trik. Bagaimanapun, sebuah pertunjukan sulap tanpa Heckler akan lebih berkualitas dan lebih efektif dalam menghibur penonton. Jika anda sudah memutuskan untuk tampil sebagai seorang magician, anda tentunya harus siap menghadapi segala resiko di atas panggung. Heckler adalah salah satu risiko yang akan anda hadapi sebagai seorang magician. Oleh karena itu, tetaplah tenang, profesional, dan percayalah bahwa seseorang yang mampu memainkan satu trik magic dengan baik jauh lebih berharga dibandingkan orang yang membongkar rahasia seribu trik sulap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev